Sabtu, 05 Februari 2011

Jenis - Jenis kerbau

 Banyak jenis jenis kerbau yang disebabkan oleh Keanekaragaman tingkat gen pada kerbau.Hali ini terjadi karena letak geografis,faktor alam dan cara beradaptasai kerbau.

Carabao
Carabao adalah nama lain dari kerbau rawa(Bubalus bubalis carabanensis) adalah kerbau asli dari asia tenggara.Kerbau ini juga dibawa ke Guam dan Australia.Hewan ini merupakan simbol negara Filipina dan Guam.Di Australia hewan ini menjadi hama sehingga dapat diburu secara legal.Ciri-cirinya adalah berwarna abu-abu/abu-abu tua,bertanduk melengkung ke belakang berwarna hitam atau putih.Mempunyai garis menyerupai bulan sabit pada lehernya.Berat Carabao dewasa sekitar 700kg-1000kg.Kerbau ini banyak digunakan untuk membajak sawah,membawa barang ke pasar,menarik gerobak dan diambil daging dan kulitnya untuk jacket atau helm.

Kerbau Murrah 
Kerbau murrah adalah salah satu jenis dari kerbau sungai yang berasal dari negara India.Kerbau ini berwarna hitam legam dan bertanduk pendek spital dan kadang dijumpai warna putih pada kepala kaki dan ujung ekor.Berat Kerbau jantan berkisar antara 400kg-800kg dengan berat rata-rata 550kg dan betina 450kg.Kerbau ini terkenal dengan susunya sehingga dipergunakan sebagai kerbau perah.India dan Pakistan adalah Pemuncak Pengekspor SusuKerbau di dunia.Di Italia susu dari kerbau murrah banyak digunakan untuk bahan baku Keju Mozzarella sebagai campuran makanan seperti Pizza.Rata rata hasil susu dalam 305 hari adalah 2000kg.
Super Carabao
Kerbau ini merupakan hasil kawin silang anta Philippine carabao(carabao lokal Filipina) dengan kerbau perah seperti Murrah dsb yang dilakukan oleh Philippine Carabao Center.Kerbau ini dibuat agar dapat memperoleh hasil kerbau lokal yang dapat diambil sususnya dalam skala besar dengan rata-rata 18 liter/hari.Ciri-ciri kerbau ini unik,sebagian seperti kerbau perah dan sebagian seperti kerbau rawa(carabao).

Tedong
Tedong berarti kerbau dari bahasa toraja.Kerbau ini asli dari negara indonesia yang berada di Sulawesi Selatan.Kerbau Ini merupakan kerbau paling unik karena dapat memilik warna belang.Kerbau ini dipercaya adalah hewan raja dari kerajaan kuno ditempat tersebut.Kerbau ini merupakan hewan termahal di dunia.Harganya bisa sampai Rp 200 juta yang dijual hanya di pasar Bolu kecamatan Rantepao.Kerbau ini sering digunakan untuk unpacara pemakaman orang toraja.Kerbau ini terbagi menjadi dua yaituTedong Bonga(belang) dan Tedong Pudu'(hitam).
  1.  Tedong Bonga
    a. Bonga saleko atau bonga doti adalah jenis yang warna hitam dan putih hampir seimbang, dan ditandai dengan taburan bintik-bintik di sekujur tubuhnya. Harga bonga Saleko bisa mencapai ratusan juta. Menurut Yunus, Harga pasaran sekarang ini sekitar 350 juta.
    b. Bonga sanga’daran adalah jenis yang di bagian mulutnya dinominasi warna hitam
    c. Bonga Randan dali’ adalah jenis bonga yang alis matanya berwarna hitam.
    d. Bonga Takinan Gayang, adalah jenis yang di punggungnya ada warna hitam menyerupai parang panjang.
    e. Bonga ulu adalah jenis yang warna putih hanya di kepalanya, sedang bagian leher dan badan berwarna hitam.
    f. Bonga lotong boko’ adalah jenis bonga yang terdapat warna hitam di punggung
    g. Bonga bulan, adalah jenis bonga yang seluruh badannya berwana putih. Jenis ini lebih murah harganya dibanding pudu’ yang mencapai 20 juta rupiah.
        h. Bonga sori, adalah jenis bonga yang warna putih hanya dikepala bagian mata.Jenis   ini harganya jauh lebih murah lagi. 
  2. Tedong Pudu'
    a. Balian adalah kerbau hitam yang dikeluarkan buah pelernya(dikebiri) untuk membentuk tanduk yang modelnya proporsional serta semakin panjang. Makin baik dan panjang tanduknya semakin mahal. Balian yang bagus bisa dihargai 50 jutaan rupiah
    b. Pudu’ adalah kerbau yang sangat hitam, dan paling banyak populasinya di Toraja. Harganya bisa mencapai setengah harga saleko.
        c. Todik adalah kerbau hitam dengan bintang putih di atas kepalanya  
Nili Ravi
Kerbau ini termasuk kerbau sungai tipe perah yang banyak ditemukan di Lahore, Sheikhupura, Faisalabad, Sahiwal, Multan dan Bahawal Nagar di provinsi Punjab.Kerbau ini berwarna hitam dan memiliki berat dewasa rata-rata 800kg pada jantan dan 525kg pada betina.Kerbau ini bertanduk pendek melingkar dan kadang dijumpai warna putih pada dahi,kaki atau ekor.Hasil susu rata-rata pada 305 hari adalah 1950kg.
Jaffarbadi
Kerbau ini termasuk dalam jenis kerbau sungai yang berhabitat di bagian selatan Gujarat,India.Kerbau ini berciri khas berwarna hitam,tubuh yang masif dan tanduk melengkung kebawah.Berat rata-rata kerbau ini 500kg-900kg.Rata-rata hasil susu per 305hari adalah 1850kg.
Surti
Surti adalah salah satu jenis kerbau sungai tipe perah yang berhabitat di barat daya Gujarat,India.Kerbau ini berwarna hitam ataupun cokelat.Bentuk tanduk tumbuh kebawah lalu mengarah keatas pada ujungnya.Berat rata-rata sekitar 450kg-800kg.Hasil rata-rata susu per 305hari adalah 1400kg.




Bhadawari
Kerbau ini merupakan kerbau tipe perah yang berasal dari Agra,India.Tubuh kerbau ini berwarna abu-abu dengan rambut berwarna tembaga.Bentuk tanduk pendek melengkung ke bawah lalu kembali ke atas.Berat badannya 400kg-700kg dan hasil rata-rata susunya per305hari adalah 1100kg.
Egyptian/Mesir
Hewan ini dipelihara oleh warga untuk hewan pekerja dan diambil susunya.Daerah persebarannya meliputi Baladi dan Saidi,Mesir.Berat rata-ratanya berkisar 500kg-800kg dengan warna tubuh abu abu dan bentuk tanduk medium melengkung pada ujungnya.
Toda
Kerbau ini berasal dari daerah barat Tamil Nadu,India.Kerbau ini berciri khas tanduk panjang dan melingkar.Warna kerbau ini abu-abu muda dan abu-abu tua.Berat rata-rata 400kg-600kg.Hasil susu rata-rata per 305hari adalah 700kg.
Pandharpuri
Kerbau pandharpuri merupakan kerbau tipe perah yang berasal dari Solapur,Kolhapur dan Sangli,India.Bertanduk panjang dan tubuh berwarna hitam.Berat rata-rata kerbau ini 470kg-600kg.Hasol susu rata-rata per 305 hari adalah 1400kg.

Kundi
Kerbau kundi alah kerbau perah yang berasal dari Dadu, Hyderabad, Karachi, Larkana, Nawabshah, Sanghai dan Thatta di Provinsi Sind,India.Berat rata-rata kerbau jantan adalah 600kg dan 375kg pada betina.Berwarna hitam pada tubuh dan tanduk berbentuk pendek dan spiral.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar